I LIKE MY STYLE

FreeStyle
 
HomeHome  CalendarCalendar  FAQFAQ  SearchSearch  MemberlistMemberlist  UsergroupsUsergroups  RegisterRegister  Log inLog in  

Share | 
 

 Share Music : All about CHORDS, KORD, ato yang kalian sebut KUNCI...

View previous topic View next topic Go down 
AuthorMessage
DarreLL

avatar

Male Number of posts : 96
Age : 31
Location : Rumah, Kantor, apa tongkrongan neh?
Registration date : 2008-08-28

PostSubject: Share Music : All about CHORDS, KORD, ato yang kalian sebut KUNCI...   Mon Sep 01, 2008 2:30 am

wey! iseng2 ngisi lesson ah.. cieh.. gw ini tolol tapi sok jago yah?
hahags..!
Laughing Laughing Laughing Laughing

eniwey..
mending iseng2 nulis tentang dasar2 pembentuk chord...
soalnya chord ini adalah yang PALING PENTING dalam lagu apapun..!
gak jarang kita ketemu shredder2 alias maen melodi secepet kilat..
tapi pas disuruh maen ritem malah bingung..
ditanya soal chord malah ngelongo...
kemaren2 kemana aja mas..?!

ehm...
mari kita share..
yg pertama..
bahas all about chord C....

C itu terdiri dari nada2 1 3 5...

ada yg bilang begini :

E |---0-------|
B |---1-------|
G |---0-------|
D |---2-------|
A |---3-------|
E |---0-------|

ada yang bilang begini :

E |----8-------|
B |----8-------|
G |----9-------|
D |----10------|
A |----10------|
E |-----8-------|

ada juga malah begini :

E |----------x-----------|
B |----------5-----------|
G |----------5-----------|
D |----------5-----------|
A |----------x-----------|
E |----------x-----------|

susunan nada2 1 3 5 ini juga berlaku buat semua chord, entah itu D, E G, Bb, G# de'el'el..
hanya beda tangga nadanya aja..

tangga nada & interval C Maj :

C D E F G A B C
1 2 3 4 5 6 7 1
do re mi fa sol la si do
1 1 1/2 1 1 1 1/2


susunan 1 3 n 5 berarti terdiri dari nada kesatu, nada ke 3 & nada ke 5 yg dibunyikan bersamaan..
coba liat diatas, nada2 apa aja yg termasuk urutan 1 3 ama 5..

hemm.. ada yg mau tanya?
bisa baca tablatur kan..?
kalo lw nanya dlm bentuk not balok mentok deh gw..
ga bs baca not balok.. Embarassed

ato ada yg lebih tau?
boleh lah dishare ilmunya dimari.. Smile
Back to top Go down
View user profile
Cassey
Senior
avatar

Male Number of posts : 64
Age : 107
Registration date : 2008-08-28

PostSubject: Re: Share Music : All about CHORDS, KORD, ato yang kalian sebut KUNCI...   Mon Sep 01, 2008 4:35 am

adohh ..

ilmu gw di gitar sii..cuma mentok tau main doank n bernada..ntuh jG nyontekk >_<

kl untuk baca tablaturr..n baca" not" balok gituu..
ampun deh gw..MENTOK abiss...

tau kunci ..A B C D E F G..ajj dha sukur gW..hahhahaha
yah mentok" di ..A#M - G#M

_________________
Hidup memang hanya hitungan waktu..
tp apakah ada salah`nya..
jika kita menjalani`nya dengan menciptakan suatu kebahagian.
yg mungkin bisa dikenang oleh semua orang..
diwaktu kita telah tiada nanti..
Back to top Go down
View user profile
DarreLL

avatar

Male Number of posts : 96
Age : 31
Location : Rumah, Kantor, apa tongkrongan neh?
Registration date : 2008-08-28

PostSubject: Re: Share Music : All about CHORDS, KORD, ato yang kalian sebut KUNCI...   Mon Sep 01, 2008 9:41 pm

kalo mempelajari dasar2 kord bagus juga Jer..
secara... di Indonesia ini banyak banget orang pinter maen melodi..
tapi sedikit yg bener2 ngerti kord..

kaya John Frusciantenya RHCP..
apakah dy maen melodi secepet kilat?
enggak kan?
dy cuma maen kord (kunci) doang..
tapi dy disegenin diantara gitaris.
bahkan bisa bersanding seimbang dgn Flea, bassis gokil..
hanya bermodalkan kord!

sebenernya kord2 kaya C7, Cmaj7, Cadd9, C7-5
semua itu ada rumus kecilnya..
kalo kita ngerti rumus2 kecil itu
mau kord aneh ky apapun kita pasti bs maeninnya..
tanpa harus ngapalin kunci yg seabreg ato ngeliat MBS lagi...
Back to top Go down
View user profile
cloclorats
LuGu TaPi BaDuNg


Male Number of posts : 19
Age : 29
Location : HeLL oR HeavEn ?!
Registration date : 2008-08-27

PostSubject: Re: Share Music : All about CHORDS, KORD, ato yang kalian sebut KUNCI...   Tue Sep 02, 2008 10:14 am

h0aammzz klo share chordny males... gw kasih tw webny aj iaa...

mayan lengkap sih..tapi klo disini japan songny gaq terlalu lengkap..

all about music


disitu ad chord guitar sama bassny

klo wat anime or japan song

anime or japan song

klo yg indo gw gaq tw No No

tuh bwt share" aj sih jocolor jocolor
Back to top Go down
View user profile http://freestyle.up-with.com
DarreLL

avatar

Male Number of posts : 96
Age : 31
Location : Rumah, Kantor, apa tongkrongan neh?
Registration date : 2008-08-28

PostSubject: Re: Share Music : All about CHORDS, KORD, ato yang kalian sebut KUNCI...   Tue Sep 02, 2008 9:36 pm

cloclorats wrote:
h0aammzz klo share chordny males... gw kasih tw webny aj iaa...

mayan lengkap sih..tapi klo disini japan songny gaq terlalu lengkap..

all about music


disitu ad chord guitar sama bassny

klo wat anime or japan song

anime or japan song

klo yg indo gw gaq tw No No

tuh bwt share" aj sih jocolor jocolor
wew..
sebenernya seh ga jelek..
cuma kalo lw kebanyakan nyontek situs2 gituan..
ato nyontek MBS/majalah laen..
ya feeling lw ga bakal kelatih..
bagusan lw nyoba ngulik sendiri..
lagian baik situs penyedia tablatur/kord maupun majalah..
ga sedikit juga kord yang ga nyambung, ga sama ama lagu aslinya...
soalnya yang ngulikin kord2 bwt majalah itu kan bukan musisinya langsung..
tapi dari orang laen..

yah cuma opini gw seh.. Wink
Back to top Go down
View user profile
cloclorats
LuGu TaPi BaDuNg


Male Number of posts : 19
Age : 29
Location : HeLL oR HeavEn ?!
Registration date : 2008-08-27

PostSubject: Re: Share Music : All about CHORDS, KORD, ato yang kalian sebut KUNCI...   Wed Sep 03, 2008 4:44 am

iaappph... OPINI anda.. d`trima.. Rolling Eyes Rolling Eyes Cool Cool
Back to top Go down
View user profile http://freestyle.up-with.com
DarreLL

avatar

Male Number of posts : 96
Age : 31
Location : Rumah, Kantor, apa tongkrongan neh?
Registration date : 2008-08-28

PostSubject: Re: Share Music : All about CHORDS, KORD, ato yang kalian sebut KUNCI...   Wed Sep 03, 2008 11:30 pm

okey...
lanjot..!

kali ini kita ngebahas chord2 dominant...
contoh : C7 dan sebangsanya...

back to maojor scale (tangga nada mayor)

di awal thread kan tangga nada mayor itu :

C D E F G A B C

maka tangga nada dominant :

C D E F G A Bb C

lihat bedanya, nada ketujuh di-mol-kan alias diturunin setengah jadi B mol (Bb) ato sama dengan A#

jika pada kord C (kunci C biasa) nada2nya adalah 1 3 5 yg berarti C E G
maka dalam kord2 dominant ditambahkan nada ke 7 setelah diturunin setengah..
jadinya susunan C7 adalah :

1 3 5 7b yang berarti terdiri dari nada2 C E G Bb

dalam tablatur :

|-------------0----------------|
|-------------1----------------|
|-------------3----------------|
|-------------2----------------|
|-------------3----------------|
|-------------x----------------|

artinya : garis paling atas adalah senar E alias senar satu yang kalo di gitar senar paling bawah, dan garis paling bawah berarti senar 6 alias senar paling atas kalo di gitar.. (FYI urutan gitar dengan tablatur itu terbalik)

angka nol pada garis pertama berarti dibunyikan tetapi tanpa ditekan (alias fret ke nol)
angka 1 pada garis ke dua berarti ditekan senar ke 2 pada fret ke 1
angka 3 pada garis ketiga berarti senar 3 di tekan pada fret 3
angka 2 pada garis ke empat berarti senar 4 ditekan pada fret ke dua
angka 3 pada garis ke lima berarti senar 5 ditekan pada fret ke tiga
lambang x pada garis ke enam berarti senar 6 (senar paling atas pada gitar) tidak dibunyikan alias di mute..

ato kadang kord ini dibuat lebih sederhana :

|------------x------------|
|------------x------------|
|------------3------------|
|------------2------------|
|------------3------------|
|------------x------------|

atau

|------------x------------|
|------------x------------|
|------------x------------|
|------------8------------|
|------------7------------|
|------------8------------|

baik C7, D7, G#7 dan lain2nya yang berbau 7 (kecuali Maj7 dan min7) pasti polanya sama, hanya tangga nadanya aja yg beda..

bedanya kord dominant (C7) dgn kord major (C biasa) adalah terletak pada rasa bunyi yang dihasilkannya..
sebagian orang berpendapat terasa "miring", tapi enak

kord2 dominant sering (dan bahkan selalu dan menjadi ciri khas) digunakan pada musik2 blues, jazz, dan kadang pop..
semisal Slank, Tompi, Bunglon, Mocca, Padi, de'el'el..

wew..
ada yg mw tanya?
ato ada yg lebih tau? boleh disharing.. Wink
Back to top Go down
View user profile
Sponsored content




PostSubject: Re: Share Music : All about CHORDS, KORD, ato yang kalian sebut KUNCI...   

Back to top Go down
 
Share Music : All about CHORDS, KORD, ato yang kalian sebut KUNCI...
View previous topic View next topic Back to top 
Page 1 of 1
 Similar topics
-
» Music and Choreography
» What kind of music do you all like?
» MUSIC FOR THE CAR CRUSE tell what u think
» Good lobang......must share
» What music do you guys listen to when driving?

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
I LIKE MY STYLE :: Hobby :: Music & Film-
Jump to: